Pengadaan Barjas di IKN Menjadi Perhatian KPPU

Pengadaan Barjas di IKN Menjadi Perhatian KPPU

IKN (4/8) – KPPU siap kawal pengadaan barang dan jasa pada proyek pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN), hal tersebut disampaikan KPPU dalam kunjungannya ke Titik Nol Nusantara hari ini, 4 Agustus 2023. Dihadiri oleh Wakil Ketua KPPU Yudi Hidayat beserta Komisioner KPPU Chandra Setiawan, Harry Agustanto, dan Dinni Melanie, KPPU diterima oleh Plh. Direktur Trantibum DPP Otorita IKN (OIKN) Ronny Pantow.

Dalam penjelasannya Ronny memaparkan denah lokasi pembangunan IKN di mana saat ini sedang dilakukan pembangunan antara lain gedung Istana Negara dan kantor-kantor Kementerian. Pembangunan tersebut saat ini masih di bawah koordinasi OIKN, selanjutnya pembangunan akan diserahkan ke masing-masing Kementerian dengan tetap berkoordinasi dengan OIKN.

Untuk memudahkan akses menuju IKN, Pemerintah akan membangun bandara di wilayah Penajam yang diperuntukkan bagi penumpang tamu negara. Untuk penerbangan komersil, tetap dilakukan di bandara Sepinggan, Balikpapan. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar tidak mematikan aktivitas di bandara Sepinggan. Selain itu, jalan tol dari bandara akan dibangun dan ditargetkan mulai beroperasi pada Desember 2024. Dijelaskan pula oleh pihak OIKN, hingga saat ini terdapat 39 (tiga puluh sembilan) paket pengadaan barang dan jasa yang dikeluarkan OIKN.

Wakil Ketua KPPU menyampaikan bahwa KPPU sesuai dengan tugas dan fungsinya, siap mengawal pencegahan terjadinya pelanggaran Undang-Undang Persaingan Usaha, khususnya pada kegiatan pengadaan barang dan jasa (barjas) proyek pembangunan IKN ini. “Kami hadir berkunjung ke IKN dengan semangat pencegahan sesuai dengan perspektif KPPU,” jelasnya.

Selain mengunjungi titik nol Nusantara, KPPU juga berkesempatan untuk mengunjungi lokasi pembangunan Kementerian Koperasi dan UKM dan Hunian Pekerja Konstruksi.