Peran Persaingan Usaha dalam Mendukung Transisi Energi Rendah Karbon

Peran Persaingan Usaha dalam Mendukung Transisi Energi Rendah Karbon

Jakarta (14/8) – Wakil Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Yudi Hidayat menerima kedatangan Dr. Pierre Horna, dari United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (UNESCAP) hari ini 14 Agustus 2023 di Gedung KPPU Jakarta. Didampingi oleh Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Kerja Sama Deswin Nur, Wakil Ketua KPPU menyampaikan apresiasinya atas kunjungan Pierre dalam kapasitas pribadinya untuk mengkaitkan isu persaingan usaha dalam transisi energi untuk mencapai emisi nol bersih pada 2060 atau lebih awal.

Pierre menjelaskan bahwa UNESCAP adalah salah satu Sekretariat dari PBB (United Nations) yang berfokus pada capaian pembangunan berkelanjutan melalui bantuan teknis dan layanan peningkatan kapasitas untuk mendukung tujuan pembangunan nasional, kesepakatan regional, dan implementasi Agenda Pembangunan Berkelanjutan 2030. Dalam kunjungan pribadinya kali ini Pierre menyampaikan inisiatifnya untuk menggali bagaimana peran persaingan usaha yang sehat dalam mendukung implementasi transisi energi rendah karbon. Hal tersebut disampaikan dalam kegiatan Sharing Session yang dihadiri oleh Direktur Kebijakan Persaingan Mercelina Nuring serta perwakilan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI.

Disampaikan bahwa tantangan yang dihadapi KPPU khususnya dalam persaingan usaha adalah bagaimana mendobrak monopoli untuk dapat mendukung transisi energi. Selain itu, tantangan lain yang dihadapi yaitu pasar dominan, merger dan akuisisi lintas batas, hambatan masuk, Hak Atas Kekayaan Intelektual, perbedaan peraturan, dinamika pasar yang berbeda, bantuan negara dan subsidi. Salah satu konsekuensi yang perlu diantisipasi adalah terbukanya persaingan usaha di sektor energi sehingga tidak lagi dimonopoli oleh BUMN dengan munculnya perusahaan swasta di bidang energi listrik. Hal tersebut merupakan salah satu upaya untuk mencapai energi rendah karbon atau yang biasa disebut Net Zero Emission (NZE).