KPPU Terima Audiensi ICLA

KPPU Terima Audiensi ICLA

Jakarta (15/2) – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menerima audiensi Indonesia Competition Lawyers Association (ICLA), hari ini Kamis, 15 Februari 2024 di Kantor Pusat KPPU Jakarta. Wakil Ketua KPPU Aru Armando yang didampingi Anggota KPPU Mohammad Reza beserta Kepala Biro Hukum KPPU Manaek SM Pasaribu dan Direktur Advokasi Persaingan dan Kemitraan KPPU M. Zulfirmansyah menerima langsung kedatangan Ketua Umum ICLA Asep Ridwan yang hadir beserta Tim.

Wakil Ketua KPPU menyampaikan dirinya menyambut baik kedatangan ICLA ke KPPU, dan menegaskan bahwa KPPU dan ICLA dapat menjadi mitra strategis yang saling membesarkan. “ICLA dapat menjadi mitra strategis KPPU yang kritis dan mendukung proses transformasi kelembagaan KPPU,” tegasnya.

Lebih lanjut, Wakil Ketua KPPU menambahkan bahwa jika kelembagaan KPPU kuat maka mitra strategis KPPU juga akan mendapatkan dampak positifnya. KPPU memiliki Program Kepatuhan Persaingan Usaha yang merupakan bentuk komitmen dan tindakan dari pelaku usaha dalam upayanya untuk tidak melanggar ketentuan prinsip persaingan usaha sehat yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. Dalam kesempatan ini, Wakil Ketua KPPU juga berharap agar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ICLA yang akan diselenggarakan pada esok hari, Jumat, 16 Februari 2024 dapat berjalan dengan lancar.

Mengamini hal tersebut, Ketua Umum ICLA Asep Ridwan mengatakan setuju bahwa ICLA akan menjadi mitra strategis KPPU yang kritis sebagai upaya bersama dalam mengembangkan hukum persaingan usaha. Asep juga mengapresiasi kesediaan KPPU selama ini dalam melakukan koordinasi dan kerja sama. Asep berkomitmen ke depannya ICLA akan terus berkolaborasi aktif dengan KPPU untuk dapat memajukan pelaksanaan hukum persaingan di Indonesia.