KPPU Kanwil I Bersama PJ Gubernur Sumatera Utara Monitoring Harga Bahan Pangan Pokok (Bapok)

KPPU Kanwil I Bersama PJ Gubernur Sumatera Utara Monitoring Harga Bahan Pangan Pokok (Bapok)

Medan (4/4) – Dalam rangka stabilisasi harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok menjelang HKBN Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 di Provinsi Sumatera Utara, KPPU Kanwil I bersama dengan PJ Gubernur Sumatera Utara, Hassanudin melakukan kegiatan monitoring di Pasar Sei Sikambing Kota Medan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni Kepala Biro Perekonomian Provinsi Sumatera utara, Perwakilan Satgas Polda Sumatera Utara, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Sumatera Utara, Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Perwakilan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara, Kepala Bulog Divre Sumatera Utara, Direktur Utama PD Pasar Kota Medan dan Perwakilan PT Pilar Group.

Dari hasil pantauan terdapat 2 komoditas bahan pokok yang mengalami kenaikan harga melebihi harga eceran tertinggi (HET) yakni bawang merah yang dijual dengan harga Rp38.000,- s.d. Rp46.000,- per kg dan bawang putih dijual dengan harga Rp36.000 per kg sedangkan komoditas lainnya seperti ayam ras potong, cabai merah, cabai rawit hijau, dan daging sapi juga mengalami kenaikan tetapi relatif masih dibawah HET.

Selanjutnya terkait dengan komoditas beras medium sudah mulai mengalami penurunan meskipun masih di atas HET serta terpantau beras SPHP dari Bulog dijual sesuai dengan HET yakni Rp57.500,- per 5 kg.

Dari hasil kegiatan monitoring tersebut, Ridho Pamungkas selaku Kepala Kantor KPPU Kanwil I menyampaikan kenaikan harga yang terjadi di Pasar Sei Sikambing Kota Medan masih relatif stabil serta menghimbau kepada para pedagang untuk tidak mengambil keuntungan yang besar dengan menaikkan harga bahan pokok dengan tidak wajar menjelang HKBN Hari Raya Idul Fitri tahun ini.