Jurnal Persaingan Usaha Dipresentasikan dalam The First International Conference on Industrial Organization 2024

Jurnal Persaingan Usaha Dipresentasikan dalam The First International Conference on Industrial Organization 2024

Bandung (8/5) – Sebagai wujud dukungan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) dalam pengembangan ilmu persaingan usaha di lingkungan akademisi, KPPU berpartisipasi menjadi co-host dalam kegiatan “The First International Conference on Industrial Organization 2024”. Kegiatan yang diprakarsai oleh dengan Universitas Padjadjaran (Unpad) bekerja sama dengan Forum Dosen Persaingan Usaha (FDPU) dan KPPU, dilaksanakan di Gedung Graha Sanusi Unpad, pada hari ini Rabu 8 Mei 2024.

Ketua KPPU M. Fanshurullah Asa hadir menyampaikan Luncheon Speech, didampingi oleh Anggota KPPU Eugenia Mardanugraha yang juga Pengarah Jurnal Persaingan Usaha, Mohammad Reza, Hilman Pujana, dan Rhido Jusmadi. KPPU juga menjadi co-host pada salah satu rangkaian acara, yaitu Panel Sesi I: Presentasi Naskah Jurnal Persaingan Usaha.

Pada kegiatan utama, Keynote Speech disampaikan oleh Akademisi dari Wageningen University Prof. dr. ir AGJM Alfons Oude Lansink, Akademisi Unpad Prof. Maman Setiawan, dan Akademisi Universitas Sumatera Utara Prof. Ningrum Natasya Sirait. Sementara itu, Luncheon Speech disampaikan Ketua KPPU.

Dalam speech, Ketua KPPU menyampaikan bahwa kesempatan untuk dapat berkolaborasi dengan Unpad dan FDPU dalam konferensi internasional ini merupakan suatu priviledge bagi KPPU. “Semoga ke depannya kita dapat bersama-sama mengembangkan ilmu pengetahuan, khususnya di Bidang Persaingan Usaha guna meningkatkan kinerja KPPU dalam membuat dan melaksanakan kebijakan yang pro persaingan,” papar Ketua KPPU.

Dalam Panel Session I: Presentasi Naskah Jurnal Persaingan Usaha, tujuh naskah Jurnal Persaingan Usaha (JPU) dipresentasikan di hadapan penilai dari Dewan Editor dan Mitra Bestari JPU. Seperti diketahui, sejak tahun 2021, KPPU bekerja sama dengan FDPU, kembali menghidupkan JPU. Hingga tahun 2023, KPPU sudah menerbitkan 6 (enam) edisi JPU dengan masing–masing 2 (dua) terbitan tiap tahunnya, dan 7 (tujuh) naskah di setiap nomornya. Di tahun 2024, JPU sedang menunggu hasil penilaian akreditasi SINTA. KPPU berharap JPU mendapatkan predikat SINTA 2 agar kualitas jurnal dapat meningkat. Adapun naskah yang dipresentasikan mengangkat tema berkaitan dengan persaingan usaha yang bervariasi, antara lain: analisis dan studi kasus praktik persaingan usaha dalam aplikasi digital, kebijakan dan hukum persaingan usaha, dan pengadaan barang/jasa pemerintah.

Ke-tujuh naskah tersebut akan dipublikasikan pada Jurnal Persaingan Usaha Volume 4 Nomor 1 Tahun 2024 yang akan diterbitkan pada bulan Juli 2024. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas naskah yang diterbitkan di JPU, juga menambah minat penulis untuk melakukan submisi naskahnya ke JPU dan mendukung pengembangan ilmu persaingan usaha di lingkup akademisi.