Ketua KPPU Lakukan Kunjungan Kerja di Jawa Tengah

Ketua KPPU Lakukan Kunjungan Kerja di Jawa Tengah

Klaten-Surakarta (14/6) – Ketua KPPU M. Fanshurullah Asa lakukan giat kunjungan kerja (kunker) ke dua politeknik di sekitar Jawa Tengah, yakni Politeknik Manufaktur Ceper (Polman Ceper) di Klaten dan Politeknik Atmi di Surakarta, Jawa Tengah, pada 14 Juni 2024. Kunjungan kerja kali ini diterima langsung oleh Wakil Direktur Bidang Akademik Politeknik Manufaktur Ceper Tri Daryanto, serta Direktur Politeknik Atmi Surakarta Andreas Sugijopranoto. Ketua KPPU didampingi Sekretaris Jenderal KPPU Charles Pandji Dewanto dan Kepala Kantor Wilayah VIII M. Hendry Setiawan.

Dalam kunjungannya saat di Politeknik Manufaktur Ceper, Ketua KPPU menyatakan bahwa KPPU yang salah satu tugas dan fungsinya melakukan pengawasan kemitraan UMKM antara pelaku usaha besar ke pelaku usaha menengah, pelaku usaha menengah ke pelaku usaha kecil, dan pelaku usaha kecil ke pelaku usaha mikro. Di Politeknik Manufaktur Ceper, Ketua KPPU menemukan bahwa pola kemitraan yang dilakukan antara politeknik dengan pelaku usahanya bersifat CSR atau Corporate Social Responsibility, bukan bentuk kemitraan yang diatur Undang-Undang.

Sebagai informasi, Polman Ceper memiliki 14 mitra Industri pengecoran logam di sekitar sentral industri pengecoran logam Ceper, di mana Polman ini memiliki workshop Bengkel Pola Pengecoran Logam, Bengkel Pengecoran Logam, dan Bengkel Pemesinan.

Dalam kunker kali ini, Ketua KPPU juga menyempatkan melihat bengkel yang ada di Polman Ceper dan Politeknik Atmi Surakarta.